Mempertimbangkan Nilai Plus dan Harga Atap Baja Ringan Dibanding Kayu

 

Atap Baja Ringan

Saat ini kayu bukan menjadi solusi satu-satunya sebagai atap rumah. Ada berbagai pilihan yang tersedia, salah satunya adalah atap baja ringan. Bahan ini memiliki sifat dasar yang ringan tetapi kuat. Itulah sebabnya banyak orang mulai beralih dari rangka kayu ke rangka baja ringan. Alasan lainnya adalah kebutuhan kayu sebagai material lain semakin tinggi, jumlah kayu pun semakin menipis. Oleh karena itu rangka atap baja ringan hadir sebagai salah satu solusi untuk mengatasi kekurangan kayu yang dapat digunakan sebagai atap rumah hunian. Meski harga atap baja ringan terbilang lebih mahal dibandingkan rangka kayu, tetapi penggunaannya lebih menguntungkan dalam jangka panjang karena Anda tidak perlu mengganti rangka.

Seperti bahan material pada umumnya, bahan ini tetap memiliki kelebihan dan kelemahan. Bila Anda masih ragu menggunakan atap baja ringan, dalam artikel ini kami akan menjabarkan keuntungan menggunakan atap baja ringan :

1. Proses pemasangannya lebih mudah

atap baja

Proses pemasangan atap baja ringan dapat menghemat waktu dan biaya pengerjaan. Bobotnya ringan, sehingga memudahkan pekerja untuk memasang saat proses konstruksi. Sistem sambungannya juga tidak rumit. Sambungan rangka atap baja ringan biasanya menggunakan baut, skrup, hingga las.

2. Minim perawatan

perawatan genteng

Atap baja ringan tidak memerlukan perawatan berlebihan. Rangka atap baja yang ringan memudahkan plafon untuk menopang atap sehingga kinerjanya menjadi lebih ringan. Bila plafon mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama, maka rumah Anda akan terhindar dari kebocoran yang biasa menjadi masalah utama rumah hunian.

3. Bentuk rangka dapat disesuaikan dengan model atap

model atap

Tidak seperti rangka kayu, rangka atap baja ringan memiliki sifat lentur. Oleh karena itu, Anda dapat membentuk rangka sesuai dengan model atap yang diinginkan. Meski demikian, Anda harus tetap memastikan kekuatan rangka tersebut. Rangka yang dipasang harus tetap rapat, yaitu dengan cara memaksimalkan kerenggangan antar baja ringan.


Baca ini juga: Pencahayaan Yang Ideal Untuk Ruang Tamu Luas


4. Anti karat dan daya tahan jangka panjang

kelebihan baja ringa

Bila salah satu kelemahan rangka kayu adalah mudah hancur karena rayap, maka kelebihan baja ringan tidak hanya anti rayap, tetapi juga tidak mudah berkarat. Perawatannya pun lebih mudah dibandingkan rangka atap kayu. Material atap baja ringan ini termasuk tidak mudah lapuk, sehingga dapat dikatakan memiliki daya tahan jangka panjang.

5. Dapat didaur ulang

baja ringan atap

Baja ringan masih termasuk ke golongan bahan yang bisa didaur ulang. Jika sudah tidak terpakai, limbah baja ringan tidak akan dibuang, melainkan dapat digunakan untuk pembangunan yang lain.

Perbandingan Harga Rangka Atap Baja Ringan dan Rangka Kayu

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penggunaan kayu dalam kehidupan sehari-hari semakin meningkat. Sementara kayu yang tersedia semakin menipis. Oleh karena itu, harga kayu mengalami fluktuasi tinggi. Meski harga rangka atap baja ringan lebih mahal dibanding rangka kayu, bila ditinjau dari aspek-aspek tertentu, maka harga rangka atap baja ringan lebih berpihak baik dari segi material, proses pemasangan, maupun penggunaan jangka panjang.

Berikut adalah adalah info harganya untuk anda:

harga rangka

Tidak hanya itu, tenaga kerja pemasangan konstruksi juga akan lebih hemat jika menggunakan rangka baja ringan. Keuntungan berupa bobot yang tidak berat akan memudahkan pemasangan dibanding menggunakan rangka kayu yang lebih berat. Rangka kayu terkesan membutuhkan waktu yang lebih lama dan tenaga kerja yang lebih banyak. Sementara proses pemasangan rangka atap baja ringan hanya memerlukan tenaga kerja yang lebih sedikit, sehingga alokasi dana dapat diarahkan ke kebutuhan konstruksi yang lain.

Itulah ulasan singkat mengenai rangka dan atap baja ringan. Bila ditinjau lebih jauh, bahan kayu maupun bahan baja ringan sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tergantung apakah Anda melihat dari penggunaan jangka panjang atau memang menyukai bahan kayu sebagai rangka atap rumah.